Jumat, 27 April 2018

Sepotong Surga di Kaki Pesagi


Judul: Sepotong Surga di Kaki Pesagi: Karya Pemenang dan Terpilih Lomba Menulis Pesona Lampung Barat
Editor: Udo Z. Karzi
Penulis: Agung Kurnia, Agus Riyanto, Ahmad Putra, Ali Rukman, Ande Larista Simatupang, Asis Budi Santoso, Christian Heru Cahyo Saputro, Diandra Natakembahang, Dwi Nugroho, Eka Fendiaspara, Endang Guntoro Canggu, Eni Muslihah, Hendra Kurniawan, Indra Pradya, Ismi Jaelani, Kety Pritania, Lukman Hakim, Mahdalena, Mardiyaman Yusuf, Mirnawati, Nani Yuniza, Oci Pitriyanti, Pindo Anom Agustino, Renzi Saputra, Satoris , Thomas Sugara
Penerbit: Pustaka LaBRAK dan Forum Literasi Lampung Barat
Cetakan: I, April 2018
ISBN: 978-602-74519-5-7
Tebal: xv + 130 hlm

bagaimana bisa aku lupa ketika dingin, embun, dan gerimis pagi memanjakan tubuhku yang letih. kehangatan kopi kentalmu membangunkan semangat menuju ladang, sawah, dan kebun kehidupan. jalan setapak berliku-liku yang basah kehujanan semalam menguatkan langkah kaki petani-petani menyongsong matahari. palawija, padi, dan kayu manis adalah anugerah dari kesuburan tanah di balik bukit.

berdiri di ketinggian sekara jaya, aku menyaksikan awan-awan tersangkut di bukit-bukit. kucoba menyibak kabut abadi setia mengawal pesagimu yang menyimpan misteri diwa-diwa dan sejarah muasal leluhur. desir angin, gemericik air, dan desau ilalang membisikkan gelora cinta liwa kota berbunga ke telingaku. lembah-ngarai dan telaga ham tebiu semakin mendalamkan makna kehadiranmu dalam setiap denyut zaman.

~ Udo Z Karzi, Bagaimana Mungkin Aku Lupa, 1999

DEMIKIANLAH, kekayaan dan keindahan alam Kabupaten Lampung Barat telah melahirkan syair, kisah, sejarah berikut tokoh-tokohnya dalam bidang literasi. Dengan sangat narsisnya saya bilang, Bumi Sekala Brak yang elok rupawan telah mengilhami banyak penulis dalam menggoreskan karya-karya mereka.

Meskipun tulisan tak bisa menggambarkan seluruh realitas keindahan Bumi Sekala Brak, paling tidak dengan membaca buku ini, bisa memberikan gambaran yang lebih baik tentang pesona "surga" bernama Lampung Barat. []

Tidak ada komentar:

Posting Komentar