Minggu, 10 April 2016

Udo Z. Karzi dan Ali Rukman Siap Luncurkan Buku di Negarabatin

Buku Udo Z Karzi dan Ali Rukman yang akan diluncurkan. (IST)
BANDARLAMPUNG, Teraslampung.com - Penulis Zulkarnain Zubairi dan Ali Rukman, dua ulun Lampung asli Lampung Barat, akan meluncurkan buku terbaru mereka di Gedung Unit Pelaksana Kegiatan (UPT) PNPM Balik Bukit, Pekon Gunung Sugih, Liwa, Lampung Barat, Rabu (13/4) pukul 09.00 WIB mendatang.

Ketua Panitia peluncuran buku Ahmadi Putera Syahlewi mengatakan, dua buku yang akan diluncurkan adalah Ke Negarabatin Mamak Kenut Kembali karya Udo Z Karzi, dan Saya Belajar dari Sini: Pengalaman Mendampingi Masyarakat Lampung Barat karya Ali Rukman.


"Kedua buku tersebut diterbitkan Pustaka LaBRAK tahun 2016 ini. Untuk buku karya Udo Z Karzi berisi kolom terpilih dari 2009-2015 lalu. Sedangkan, buku karya Ali Rukman berisi pengalaman beliau selama mendampingi masyarakat di Lampung Barat sebagai fasilitator PMPM-MPd sejak 2010 silam," ujar Achmadi , Minggu (10/4).

Udo Z Karzi mengatakan, buku karyanya tersebut murni hasil gagasan dan pemikirannya selama menjadi penulis. "Ini bukan soal pilkada. Hanya percikan gagasan, pemikiran dan sedikit pengalaman dari penulis," ujar Udo.

Dalam buku tersebut, bakal calon Bupati Lampung Barat ini banyak menulis soal demokrasi, kemiskinan, kriminalitas, dan berbagai patologi sosial. "Buku yang segera kita luncurkan ini juga membahas tentang sisi ekonomi dan budaya di Lampung," ujarnya.

Sebagai budayawan, buku ini sangat kental dengan perspektif kebudayaan, sehingga kolom-kolomnya terasa getir, reflektif, terkadang lucu.

Terpisah, Ketua Umum Dewan Pengurus Daerah Ikatan Pelaku Pemberdayaan Masyarakat Indonesia (DPD IPPMI) Lampung 2013-2016 Ali Rukman mengatakan jika dirinya menulis tidak berambisi untuk menyajikan sebuah tujuan besar yang didukung oleh kata atau rumus-rumus matematika dan kimiawi.

"Tulisan-tulisan saya lebih merupakan lamunan, unek-unek yang relevan, dan membumi berdasarkan pengalaman di lapangan," kata Ali. (TL/RI)

Dimuat di Teraslampung.com, Minggu, 10 April 2016

Tidak ada komentar:

Posting Komentar