Sabtu, 27 Februari 2016

Saya Belajar dari Sini


Judul: Saya Belajar dari Sini: Pengalaman Mendampingi Masyarakat Lampung Barat
Penulis: Ali Rukman
Penerbit: Pustaka LaBRAK, Bandar Lampung
Cetakan: I, Februari 2016
ISBN: 978-602-96731-9-7
Tebal:  viii + 137 halaman


Perlahan motor saya mundurkan lagi mendekat ke pantai untuk medapatkan jalan yang agak keras supaya ban tidak kepaterBismillah,”  ujar saya. Tarikan pertama nyangkut, oke diulang lagi.  Sejenak saya berpikir bagaimana melewati gundukan pasir ini. Sementara dalam gelap malam hujan rintik tetap mengiringi, tetapi keringat sepertinya tak mau kalah membasahi sekujur tubuh. Mungkin karena tegang atau karena faktor lain. 


……

Wah, ini tanda alam dalam hati saya, mungkin beginilah umumnya masyarakat yang berkategori  di antara urban dan rural. Sulit! Namun, kalau ketemu selahnya mudah. Tidak bisa dikerasi, juga tidak bisa lengah sedikit saja saja.  Dikerasi sedikit  saja ngambek. Sebaliknya, kalau telat atau lemah dalam memotivasinya tidak akan jalan.  Selain itu tidak boleh langsung to the point, tetapi harus sedikit menyamping yang penting tujuan tercapai.   

Sepertinya begitu strategi supaya bisa melewati gundukan pasir ini dalam hati saya yang dalam beberapa waktu berhenti di pinggir pantai dan sesekali ban motor terkena air ombak yang mulai pasang.  Bismillah, kata saya. Perlahan saya menancapkan gas motor seadanya memakai perseling tiga dengan menyamping, tanpa diduga ternyata motor bisa melewati pasir.  Rombongan yang telah menunggu sebelumnya pun bersorak.

“Hore. Suksesss!” seru mereka. 

***

Buku ini tidak berambisi untuk menyajikan sebuah tujuan besar yang didukung data atau rumus-rumus matematika dan kimiawi yang akurat.  Ia lebih merupakan lamunan dan unek-unek yang relevan dan sangat membumi karena kebetulan dilalui dan realitas saat kejadian berlangsung. Penyajiannya apa adanya. Namun, diharapkan mampu membuka mata dan menggedor pintu masuk ruang kebajikan dan kebijakan  kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar