Minggu, 21 Februari 2016

Di Balik Terang Cahaya: Catatan Proses Aktor Teater Satu

Judul: Di Balik Terang Cahaya: Catatan Proses Aktor Teater Satu
Penulis: Ahmad Jusmar, Andriyan Dwi Prawersthi, Baysa Deni, Budi Laksana, Deri Efwanto, Desi Susanti, Dwi 'Nobokov' Novita, Ema Luthfiani , Erika Bunga, Gandi Maulana, Hamidah Sherva, Imam Setia Hagi, Hendri Rosevel, Nersalya Renata, Rarai Masae Soca Wening Ati, Raras Sintha, Ruth Marini, Sugianto Jayen, Vita Oktaviana
Penerbit: Pustaka LaBRAK
Cetakan: I, Januari 2016
ISBN: 9786029677317
Tebal: v + 325
Harga: Rp75.000

Di Balik Terang Cahaya adalah catatan proses kreatif sebagian aktor di Teater Satu Lampung dalam kurun 20 tahun terakhir. Dikatakan sebagian karena jumlah aktor yang pernah belajar dan berjibaku di kelompok ini cukup banyak. Sejumlah besar dari mereka tidak bertahan karena alasan-alasan tertentu. Sementara di antara sebagian kecil yang masih bersama Teater Satu, belum semuanya sempat menulis. Para aktor yang masih bersama Teater Satu ini pun, beberapa di antaranya mereka terpaksa belum bisa aktif kembali, lantaran pindah ke kota lain untuk bekerja atau berkeluarga. Namun, tulisan mereka dimuat dalam buku jilid pertama ini-- meski belum komprehensif. Mudah-mudahan akan segera menyusul buku kedua, ketiga, dan seterusnya, sehingga pembaca bisa menikmati tulisan mereka dalam versi yang lebih spesifik, juga dari aktor Teater Satu lainnya yang belum termuat.

Buku ini hendak mengisahkan bagaimana para aktor telah dijegat berbagai persoalan sejak pertama mereka terlibat dalam teater, hingga masalah-masalah yang harus mereka bereskan saat mengaplikasikan pelajaran seni peran yang seluruhnya merujuk pada dua buku termasyhur dari Stanislavski: An Actor's Prepare dan Character Building. Menginsyafi berapa ringkihnya ingatan manusia dan betapa tidak mudahnya kerja dan proses yang telah ditempuh para aktor itu, maka buku ini menjadi hal penting lainnya -- selain pertunjukan mereka di atas pentas, yang harus "diabadikan".

Tidak ada komentar:

Posting Komentar